8 Nilai dalam Pendidikan Karakter Versi Kemendiknas dan Penjelasannya

Juli 26, 2017
Pelajar Pendidikan - 18 Nilai dalam Pendidikan Karakter Versi Kemendiknas dan Penjelasannya - Menurut Kementerian Pendidikan Nasional (2010c: 9) nilai pendidikan karakter mencakup 18 aspek, antara lain: agama, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, penasaran, semangat Kebangsaan, Prestasi, komunikatif / ramah, cinta damai, membaca, peduli, sosial, dan bertanggung jawab.

Delapan Belas (18) Nilai dalam Pendidikan Karakter Versi Kemendiknas dan Penjelasannya

1. Agama: Sikap dan perilaku yang patuh dalam menerapkan ajaran agama dan kepercayaan yang dipatuhi, toleran terhadap praktik praktik keagamaan lainnya, dan hidup selaras dengan orang percaya lainnya.

2. Jujur: perilaku berdasarkan usaha untuk membuat dirinya sendiri yang selalu bisa dipercaya dengan kata-kata, tindakan, dan pekerjaan.

3. Toleransi : sikap dan tindakan yang menghormati agama yang berbeda (kepercayaan), etnisitas, etnisitas, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari diri mereka sendiri.

Nilai dalam Pendidikan Karakter Versi Kemendiknas dan Penjelasannya

4. Kerja Keras : perilaku yang menunjukkan usaha nyata untuk mengatasi rintangan dan tugas belajar, dan menyelesaikan tugas sebaik mungkin.

5. Disiplin : tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan taat

6. Kreatif: pikirkan dan lakukan sesuatu untuk menghasilkan cara baru atau hasil dari sesuatu yang sudah Anda miliki.


7. Demokratis : cara berpikir, bertindak, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

8. Mandiri : sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas.


9. Semangat Kebangsaan : cara berpikir, bertindak, dan wawasan yang mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan kelompok / kelompok.

10. Rasa ingin tahu : sikap dan tindakan yang selalu berusaha untuk mengetahui lebih dalam dan ekstensif dari apa yang mereka pelajari, lihat, dan dengar.

11. Mencintai Tanah Air : cara berpikir, bertindak dan melakukan hal itu menunjukkan kesetiaan, pertimbangan dan penghargaan yang tinggi terhadap lingkungan bahasa, fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik suatu bangsa.

12. Menghargai Prestasi : sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengenali, dan menghargai keberhasilan orang lain.

13. Ramah / Komunikatif : tindakan yang menunjukkan kesenangan berbicara, bergaul, dan bekerja dengan orang lain.

14. Cinta Damai : sikap, kata-kata, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa bahagia dan aman atas kehadiran mereka.

15. Cinta Membaca : Kebiasaan memberi waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberi kebaikan kepadanya.

16. Peduli  Lingkungan : sikap dan tindakan yang selalu berusaha mencegah kerusakan lingkungan alam sekitarnya, dan mengembangkan upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang ada.

17. Peduli Sosial : sikap dan tindakan yang selalu ingin memberikan bantuan kepada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

18. Tanggung Jawab : sikap dan tingkah laku seseorang untuk menjalankan tugas dan kewajibannya, yang harus dia lakukan, untuk dirinya sendiri, masyarakat, lingkungan, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Inilah nilai-nilai dalam pendidikan karakter sesuai dengan Depdiknas. Semoga nilai 18 karakter itu bisa diterapkan pada dunia pendidikan di Indonesia baik dalam kurikulum 2013 dan disisipkan di KTSP 2006.

Silakan bagikan artikel ini ke media sosial melalui tombol share di bawah ini:

0 Response to "8 Nilai dalam Pendidikan Karakter Versi Kemendiknas dan Penjelasannya"

Posting Komentar